Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Resep Alami

Jika tenggorokan anda merasa sakit, bisa dipastikan anda terkena radang tenggorokan, beberapa orang pasti sudah pernah merasakannya. Rasa sakit disertai gatal di area saluran pernafasan terjadi karena akibat udara yang kotor yang mengakibatkan infeksi pada saluran tenggorokan.

Ciri-ciri seperti gatal, suara yang serak dan sakit saat menelan makanan itu merupakan kondisi awal sakit radang tenggorokan, mungkin radang tenggorokan dianggap biasa dikalangan orang, namun jika tidak segera diobati akan berakibat buruk bagi kesehatan saluran pernafasan.

Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Resep Alami

Penyebab utama radang tenggorokan adalah adanya bakteri Streptococcus Pyogenes merupakan bakteri yang cepat menyebar melalui udara yang kita hirup, apalagi saat kondisi badan kita kurang sehat, bakteri ini cepat hinggap pada tubuh kita dan dapat langsung berefek pada kesehatan tenggorokan. Beberapa makanan dan minuman dapat juga menjadi sarang bakteri tersebut.

Guna mencegah sakit radang tenggorokan kita perlu hidup bersih setiap hari, sebagai contoh gunakan masker saat udara panas dan banyak debu, karena debu pada waktu udara panas sangat berbahaya sekali bagi tenggorokan. Perbanyak minum air putih setiap saat, ini juga membantu mencegah sakit radang tenggorokan. Namun jika kita terlanjur sakit radang tenggorokan, ada beberapa metode yang efektif bagaimana cara mengobati radang tenggorokan secara alami berikut ini.

1. Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jahe

Jahe memang sangat banyak manfaat dan kegunaan, jika sebelum pernah dibahas mengenai manfaat jahe merah untuk kesehatan, kali ini jahe digunakan sebagai media untuk mengobati sakit radang tenggorokan, caranya yaitu dengan merebus tumbukan jahe dan campurkan air rebusan dengan teh secukupnya, sedu selagi hangat.

2. Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jus Belimbing

Buah Belimbing mengandung zat yang berfungsi sebagai zat anti radang, caranya hanya dengan membuat jus belimbing segar dan minum secara teratur hingga radang tenggorokan anda berangsur-angsur membaik.

3. Mengobati Radang Tenggorokan dengan Bawang Putih

Bawang putih selain bermanfaat sebagai bumbu dapur ternyata juga dapat berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan. Bawang putih mengandung zat Allicin yang berguna sebagai pemusnah bakteri, hanya dengan mengunyah bawah putih maka radang tenggorokan anda dapat berangsur membaik.

4. Mengobati Radang Tenggorokan dengan Buah Lemon

Buah lemon mengandung vitamin C yang tinggi, ini bermanfaat sekali untuk mengobati sakit tenggorokan. Anda bisa mengolahnya dengan membuat jus lemon tanpa gula atau juga bisa memeras lemon segar yang dicampurkan dengan sedikit air hangat tanpa gula dan jika lebih manjur campurkan satu sendok makan madu asli.

5. Mengobati Radang Tenggorokan dengan Daun Kemangi

Selain sebagai campuran lalap, daun kemangi dapat menjadi obat radang tenggorokan, caranya adalah dengan merebus daun kemangi kemudian air rebusannya digunakan untuk berkumur. Lakukan secara teratur hingga tenggorokan anda membaik.

Itulah beberapa tips cara mengobati sakit radang tenggorokan secara alami, Selain itu juga kurangi makan makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan, gunakanlah masker jika anda bepergian agar debu kotor tidak langsung terhirup oleh kita. Sekian tips dari TrenVariasi semoga bermanfaat untuk anda semua.