Khasiat dan Manfaat Akar Alang-Alang Bagi Kesehatan

TrenVariasi - Akar alang-alang sering kita jumpai dipekarangan rumah atau bercampur direrumputan. Alang-alang dengan nama latin Imperata Cylindrica (L) Beauv. Var. mayor (Nees) C. E. Hubb. Alang-alang termasuk pada golongan famili tumbuhan Graminaceae. Alang-alang didaerah lain ada yang menyebutnya ilalang atau juga hilalang.

Khasiat dan Manfaat Akar Alang-Alang Bagi Kesehatan
Sumber Gambar: centeralhealth.com

Menurut penelitian para ahli, alang-alang ini terdapat berbagai kandungan kimia yang berguna bagi tubuh, yaitu seperti Manitol, Glukosa, Sakharosa, asam malik, asam sitrik, coixol, arundion, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar dan logam alkali.

Banyak khasiat pada tumbuhan alang-alang ini, seperti sebagai obat menurunkan panas, peluruh kemih atau urin, dapat menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa haus. Rasa yang terdapat pada akar alang-alang yaitu memiliki rasa manis dan sejuk. Berikut ini manfaat dan khasiat alang-alang bagi kesehatan antara lain:
  1. Akar alang-alang mengobati muntah darah, yaitu dengan mengambil akar alang-alang segar secukupnya, potong-potong setelah itu sirebus dengan 3 gelas air dan sisakan menjadi 1 gelas, setelah itu minum. Lakukan secara teratur
  2. Akar alang-alang mengobati mimisan, ada dua alternatif untuk menyembuhkan mimisan dengan akar alang-alang. Yang pertama ambil akar alang-alang secukupnya, lalu tumbuk dan peras sampai airnya terkumpul hingga 100 cc, setelah itu minumlah. Alternatif kedua dengan merebus akar alang-alang secukupnya dengan 3 gelas air dan sisakan 1 gelas dan minumlah.
  3. akar alang-alang juga dapat mengobati air kemih berdarah, kencing nanah, hepatitis, penyakit campak dan radang ginjal dengan terapi minum rebusan akar alang-alang secara rutin.
Demikianlah khasiat dan manfaat akar alang-alang atau ilalang bagi kesehatan. Tumbuhan disekitar kita yang tidak terawat seperti alang-alang ternyata sangat bermanfaat bagi obat berbagai macam penyakit.