Suka Brokoli? Yuk Kenali Manfaat Brokoli bagi Tubuh Kita

Rudy Siswanto

Suka Brokoli? Yuk Kenali Manfaat Brokoli bagi Tubuh Kita - Brokoli tekstur mirip kembang kol akan tetapi warnanya hijau tua, banyak digunakan sebagai bahan campuran di menu sup maupun masakan lain. Kandungan dan nutrisi pada brokoli sangat banyak, sehingga brokoli sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Brokoli bagi Tubuh Kita

Selain dimasak, brokoli juga sangat enak jika direbus dan dimakan selagi hangat sebagai lalapan dengan sambal, akan tetapi agar nutrisi pada brokoli tidak hilang, sebaiknya merebusnya jangan terlalu lama. Kandungan brokoli salah satunya yaitu mengandung senyawa anti kanker serta dapat mencegah gangguan pernapasan. Kandungan brokoli diantaranya adalah serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

1. Manfaat Brokoli bagi Ibu Hamil
Sudah barang tentu ibu hamil sedang membutuhkan asupan gizi yang tercukupi, karena sangat berpengaruh pada anak ketika lahir nanti. Salah satu makanan yang sangat bagus untuk ibu hamil adalah brokoli. kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli sangat bagus untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan (janin). Brokoli mengandung zat yang dapat menjaga agar ibu hamil terhindar dari anemia.

2. Mengandung Antioksidan dan anti inflamasi.
Asam lemak omega-3, senyawa kaempferol, flavonoid, karotenoid lutein, beta-karoten dan zeaxanthin yang terkandung pada brokoli dapat menangkal radikal bebas dan antioksidan yang sangat kuat.

3. Mengobati Penyakit alzheimer dan Asma
Brokoli dapat mencegah penyakit pikun atau juga disebut dengan alzheimer selain itu juga dapat mencegah penyakit asma serta menjaga saraf dan meningkat fungsi otak. sifat anti-karsinogenik pada brokoli karena mengandung beberapa Vitamin dan zat seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan yang dapat mengobati penyakit asma.

4. Menjaga Gula Darah dan Menurunkan Kolesterol Jahat.
 Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, brokoli kukus sangat bagus untuk dikonsumsi karena dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Selain itu, brokoli juga dapat menjaga gula dalam darah.

5. Meningkatkan Kecerdasan Anak
Anak yang sering mengkonsumsi brokoli sangat bagus untuk kecerdasan. Karena brokoli mengandung vitamin C dan vitamin K, asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak.

6. Brokoli Mencegah Kanker
Para peneliti menyatakan bahwa brokoli mempunyai sifat anti-kanker, karena kandungan itokimia yang bernama indole dan isothiocyanate yang dapat menghambat sel kanker seperti  kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan Vitamin A pada brokoli sangat bagus untuk mata,serta kadar lutein yang tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula.

8. Brokoli Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Brokoli mengandung senyawa glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan, serta Vitamin E yang berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit mati dan menjadi sel kulit baru.

9. Membantu Program Diet.
Rendah lemak dan kalori pada brokoli sangat bagus untuk anda yang sedang menjalankan program diet, Mengkonsumsi brokoli dengan cara di kukus sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol serta lemak dalam tubuh.

Demikian manfaat brokoli bagi tubuh kita, dan ternyata brokoli sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan karena kandungan brokoli itu sendiri juga sangat lengkap. Cara pengolahannya bisa anda kukus dan digunakan sebagai lalap atau juga bisa diolah menjadi sayuran yang sedap. Selamat Mencoba!