Kandungan dan Manfaat Gizi dalam Rumput Laut

Tahukah sobat bahwa banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan yang berkhasiat. Wah, selain enak dimakan ternyata rumput laut juga banyak mengandung khasiat yang bermanfaat bagi tubuh kita. Apa sajakah manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh kita? Berikut ini beberapa manfaat rumput laut, antara lain:

  • Rumput Laut Sebagai Antikanker. Penelitian di Amerika mengungkap bahwa pola makan kebanyakan orang jepang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu, hal itu akan mencegah timbulnya penyakit kanker.
  • Rumpu Laut Sebagai antioksidan. Klorofil pada ganggang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan (zat yang mengikat zat lain yang kurang diperlukan oleh tubuh). zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.
  • Mencegah Kardiovaskuler. Para Ilmuwan Jepang mengungkapkan bahwa ekstrak (pemisahan suatu bahan dari campurannya, biasanya dengan menggunakan pelarut) rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi . Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.
  • Makanan Diet. Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna, sehingga jika kita memakannya akan merasa kenyang lebih lama.
Jika dilihat dari segi geografis, negara kita 70% terdiri dari lautan luas, salah satu kekayaan alam yang bisa kita manfaatkan adalah sumber hayati. Selain ikan, alternatif hasil laut yang bisa diolah adalah rumput laut. Rumput lau banyak digunakan sebagai bahan baku industri. Contoh alga coklat yang digunakan sebagai bahan baku es krim,pengolahan tekstil, pabrik farmasi, semir sepatu, dan pabrik cat. Alga merah untu bahan baku industri makanan, farmasi, penyamakan kulit, dan pembuatan bir. Selain itu rumput laut dapat juga digunakan sebagai bahan baku pupuk tanaman, campuran makanan ternak, dan juga bahan baku kosmetika.
Kandungan dan Manfaat Gizi dalam Rumput Laut
Rumput laut diketahui kaya akan nutrisi esensial, sepertienzim, asam nukleat, asam amino, mineral, trace elements, dan vitamin A,B,C,D,E, dan K. Karena kandungan gizinya yang tinggi, rumput laut mampu meningkatkan sistem kerja hormonal, limfatik, dan juga saraf. Selain itu, rumput laut juga bisa meningkatkan fungsi pertahanan tubuh, memperbaiki sistem kerja jantung dan peredaran darah  serta sistem pencernaan.

Rumput laut dikenal juga sebagai obat tradisional untuk batuk, asma, bronkitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, dan rematik. bahkan dipercaya dapat meningkatkan daya seksual. Kandungan yodiumnya diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit gondok. Di Cina rumput laut juga biasa digunakan untuk pengobatan kanker. Tingginya tingkat konsumsi rumput laut mungkin berhubungan dengan rendahnya insiden kanker payudara pada wanita di negara tersebut. Kandungan klorofil laut yang bersifat antikarsinogenik dan kandungan vitamin C sera antioksidannya yng dapat melawan radikal bebas. Rumput laut bermanfaat untuk memperpanjang usia dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Semua rumput laut kaya akan kandungan serat yang dapat mencegah kanker usus besar. Serat dapat melancarkan pencernaan dengan membentuk zat seperti gelatin dalam usus halus dan meningkatkan kadar ai dalam feses. Konsumsi serat dapat membantu metabolismelemak, sehingga menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah. Rumput laut juga membantu pengobatan tukak lambung, radang usus besar, susah buang air besar, dan gangguan pencernaan lainnya. (sumber: Rumput Laut, Dwi Ratna Herniati hal 23-25)