Kandungan, Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Rudy Siswanto

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan. Bagi sebagian orang ada yang tidak suka makan bawang merah karena takut akan bau mulut atau memang tidak suka dengan rasanya yang sedikit getir. Jangan salah, bawang merah memiliki banyak manfaat untuk  kesehatan tubuh. Menurut penelitian para ahli, bawang merah memiliki kandungan yang bermanfaat dan  jarang ditemukan pada sayuran lainnya. Berikut kandungan bawang merah dan khasiatnya bagi tubuh, seperti dikutip dari Boldsky.

Kandungan, Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Quercetin
Bawang merah mengandung quercetin yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-jamur. Mengonsumsi bawang merah dipercaya dapat mencegah seseorang terkena kanker. Selain itu, kandungan quercetin juga dinilai efektif menyembuhkan sakit flu dan demam.

Allicin

Bawang merah juga mengandung allicin yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian, rutin makan bawang merah dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal. Manfaat lain dari kandungan allicin pada bawang merah adalah mengatasi ketombe pada rambut.

Organosulphur
Penelitian menunjukkan, bawang merah kaya akan organosulphur, yaitu suatu senyawa sulfur yang efektif mengatasi penyebab kanker prostat dan lambung. Organosulphur dapat menciptakan lapisan pelindung saat tubuh berperang melawan kanker di kelenjar prostat dan perut.

Onionin A
Bawang merah yang hampir ada dalam setiap masakan di Indonesia ini juga mengandung Onionin A, yaitu senyawa yang efektif untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat berbagai penyakit. Adanya Onionin A dipercaya dapat mengurangi rasa sakit, baik sementara maupun permanen. Konsumsi bawang merah secara teratur juga baik untuk mengatasi sakit asma, alergi, dan arthritis atau radang sendi.

Untuk itu, jangan terlalu khawatir jika selalu ada bawang merah dalam setiap makanan sehari-hari kita. Menambahkan bawang merah saat makan salad akan memberikan manfaat lebih pada kesehatan tubuh kita.