Segudang Manfaat Buah Belimbing

Rudy Siswanto

Buah belimbing dengan nama latin Averrhoa Carambola L. merupakan buah yang sangat banyak terdapat di Indonesia. Buah belimbing banyak digunakan sebagai campuran membuat rujak dan dapat juga digunakan sebagai bahan obat yang berkhasiat.

Segudang Manfaat Buah Belimbing

Tumbuhan obat ini kaya akan kandungan kimia antara lain zat besi, lemak, fosfor, Vitamin A, B dan C, kalsium. Dalam literatur farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain, disebutkan bahwa tanaman belimbing memiliki sifat:
  • Buah: Rasa masam, rasa manis, netral, antiradang, peluruh kencing (diuretik), dan bisa juga digunakan menjadi peluruh air liur.
  • Bunga: Rasa manis, netral, dan anti malaria
  • Batang dan daun: rasa masam, kelat, netral, antiradang, peluruh kemih (diuretik) dan menghilangkan panas.
  • Akar: rasa masam, kelat (astringent), netral, menghilangkan rasa sakit (analgetik) dan antirematik.
  • Bagian tanaman obat ini yang digunakan adalah buah, bunga daun dan akar.
Berikut ini adalah berbagai manfaat buah belimbing bagi kesehatan yang perlu anda ketahui:
  1. Melancarkan Kencing Batu - Cara menggunakannya yaitu ambil 5 buahbelimbing yang sudah matang, lalu rebus dengan air 3 gelas menjadi 1 gelas, setelah itu sebelum diminum campurkan 1 sendok makan madu.
  2. Menyembuhkan Flu - cara menggunakannya yaitu ambil buah belimbing secukupnya, jus dan peras airnya, tambahkan dengan air hangat setelah minum.
  3. Menurunkan Tekanan Darah - buah belimbing dapat mengobati darah tinggi, caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah belimbing yang sudah matang, pagi dan sore hari.
  4. Menyembuhkan Bisul - Caranya ambilah daun belimbing dan tumbuk. Lalu campur dengan air cucian gelas,setelah itu itu tempelkan pada bisul.
  5. Pembesaran Limpa Karena Penyakit Malaria - Buah belimbing yang masak di jus atau diparut saring airnya dan tambahkan air hangat kemudian diminum.
  6. Mengobati Kencing Kurang Lancar - Ambil 30 gram daun belimbing segar, cuci bersih lalu direbus dan diminum.
  7. Mengobati Kanker - ambil 1/4 genggam daun belimbing, 1/2 lembar daun pepaya muda ukuran sedang, 1/4 genggam daun ceremai muda, 1/3 genggam daun bayam merah dan 2 jari wortel. Cuci bersih lalu digiling halus. Campurkan dengan 1/2 gelas air minum dan tambahkan 3 sendok makan madu. Lalu peras dan saring. Diminum sehari 3 kali sebanyak 1/2 gelas sekali minum.
  8. Menobati Koreng - Daun belimbing segar direbus, airnya yang hangat-hangat untuk mencuci bagian yang sakit
  9. Mengobati Malaria - Ambil 15-25 gram bunga belimbing kering, lalu seduh dengan 1 gelas air mendidih, dan minum sehari 2 kali
  10. Mengobati Sakit Kepala Kronis - ambil 30-45 gram akar belimbing segar, lalu cuci dan dipotong-potong, Tambahkan 120 gram tahu, campur dengan air sampai terendam lalu ditim. Makan sehari sekali
  11. Mengobati Sakit pada Sendi - ambil 120 gram akar belimbing yang segar, lalu dipotong-potong, kemudian direndam dengan 600 cc sari perasan tape ketan. Setelah 1 minggu bisa diminum. Diminum sehari 1 sloki.
  12. Mengobati Sakit Lever - ambil 12-15 gram akar belimbing yang kering, lalu direbus dan diminum
  13. Mengobati Kencing Manis dan Kolesterol - Ambil 2 buah belimbing yang sudah masak atau yang masih hijau tapi masih segar, dimakan sesudah makan pagi dan sore. Diulangi sampai sembuh.
Demikianlah manfaat dan khasiat buah belimbing bagi kesehatan. Jangan remehkan buah-buahan disekitar kita yang dirasa tidak enak, akan tetapi manfaatnya sungguh luar biasa bagi tubuh kita.