Segudang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan - Ketika musim hujan, tumbuhan kemangi mulai bermunculan disekitar kita tumbuh dengan lebat. Ciri-ciri tumbuhan kemangi adalah memiliki batang berukuran kecil seperti rumput dan dipermukaan batang dan daun ditumbuhi bulu halus, serta memiliki aroma yang sangat khas maka dari itu, daun kemangi di dijadikan lalap sebagai teman makan ikan bakar atau ayam bakar.

Segudang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan
Daun kemangi jika dikonsumsi bersamaan dengan ikan bakar atau ayam bakar akan terasa nikmat dan segar. Terlebih kandungan daun kemangi dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan kita, Berikut ini adalah manfaat daun kemangi bagi kesehatan secara terperinci dibawah ini:

Daun Kemangi Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Daun kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Jika kita mengkonsumsi daun kemangi maka jantung kita akan sehat, kita dapat mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalap atau disedu dengan air panas.

Daun Kemangi Bermanfaat Sebagai Anti Radang
Daun kemangi mengandung zat cineole myrcene dan eugenol yang sangat berperan aktif dalam antibiotik alami tubuh yaitu mencegah peradangan. Karena itulah daun kemangi selain nikmat untuk lalap juga bermanfaat sebagai obat anti radang.

Daun Kemangi Bermanfaat Mengobati Keputihan
Keputihan adalah sering dialami oleh sebagian besar perempuan, Kandungan pada daun kemangi sendiri adalah antibiotik alami yang dapat membunuh kuman penyakit akibat keputihan. Memakan daun kemangi secara teratur dapat membantu mengobati keputihan, selain itu daun kemangi juga membantu menjaga aroma alat reproduksi agar tetap sedap.

Daun Kemangi Bermanfaat Mengobati Flu
Daun kemangi apabila diseduh pada musim dingin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan mengobati flu dan batuk. Zat yang terdapat pada daun kemangi berperan penting untuk melawan kuman dan virus yang mengakibatkan flu dan batuk.

Daun Kemangi Mencegah Menopause Dini
Kandungan daun kemangi salah satunya adalah terdapat zat triptofan yang dapat berfungsi untuk mencegah dan menghambat menopause dini, selain itu daun kemangi juga dapat bermanfaat untuk mencegah kulit keriput dan mengangkat sel kulit yang mati.

Daun Kemangi Mencegah Bau Mulut tak Sedap
Ramuan yang mujarab untuk mencegah bau mulut adalah dengan mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalap, selain itu juga dapat mencegah bau badan. Banyak obat-obatan tradisional modern memanfaatkan daun kemangi sebagai campuran untuk membuat obat yang berhubungan dengan bau mulut dan bau badan.

Daun Kemangi untuk Menjaga Kesehatan Mata
Selain wortel, Vitamin A juga terdapat pada daun kemangi. Daun kemangi memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hanya dengan mengkonsumsi dibuat lalap atau juga diseduh dengan air panas maka kesehatan mata akan tetap terjaga.

Demikian sekilas tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan, semoga artikel ini dapat berguna bagi anda yang sedang mencari referensi obat tradisional resep nenek moyang. Selamat Mencoba!