Cara Budidaya Jahe Merah Mudah dan Murah

Rudy Siswanto

Cara Budidaya Jahe Merah Mudah dan Murah. Cara menanam jahe merah biasanya dan kebanyak ditanam pada area lahan yang luas seperti tegalan atau juga kebun. Nah bagi anda yang menginginkan budidaya jahe merah akan tetapi tidak memiliki lahan luas atau tegalan, saya akan mengajak anda tips budidaya jahe merah dengan media polybag yang sangat mudah dilakukan siapa saja. Kelebihan budidaya jahe merah dengan media polybag adalah sangat praktis dan efisien terlebih juga akan menghemat tempat karena tidak memerlukan lahan yang luas. Teknik yang dipakai untuk budidaya jahe merah adalah menggunakan teknik vertikultur yang langkah pertama harus menyediakan rak-rak bertingkat untuk menaruh media tanam, teknik ini memudahkan kita dan menghemat ruang, selain rak anda bisa menyiapkan polybag.

Cara Budidaya Jahe Merah Mudah dan Murah
Cara Menanam Jahe Merah Mudah dan Murah

Beberapa kelebihan budidaya jahe merah dengan menggunakan polybag adalah penggunaan tempat dan air jauh lebih irit daripada menanam secara konvensional di area kebun atau tegalan, media tanam dapat disesuaikan dengan tempat yang ada, anda bisa menggunakan karung bekas, pot plastik dan tempat lain yang dapat digunakan untuk menanam. Selain itu, sangat mudah dan praktis untuk merawatnya dan hasil panen akan lebih banyak dibandingkan dengan menanam jahe merah dikebun atau tegalan. Berikut ini cara menanam jahe merah dengan media polybag atau karung bekas yang bisa anda praktekan di rumah.

1. Menyiapkan Media Tanam
Langkah pertama yang paling penting untuk budidaya jahe merah adalah menyiapkan media tanam. Anda dapat menggunakan polybag atau jika disekeliling anda terdapat karung bekas, ini juga dapat dimanfaatkan. Tapi untuk polybag sendiri juga murah dan kelihatan rapih. Langkah selanjutnya adalah mengisi polybag dengan tanah, pasir dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1. Untuk pupuk yang digunakan untuk budidaya jahe merah yaitu menggunakan pupuk organik atau pupk kandang yang telah di fermentasi.

2. Menyiapkan Bibit jahe Merah
Setelah media tanam telah selesai disiapkan, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan bibit jahe merah. Bibit jahe merah yang bagus dan berkualitas adalah mempunyai ciri-ciri berumur tua, tidak luka, berwarna cerah dan bebas dari penyakit. Jika bibit jahe merah sudah didapat, maka langkah selanjutnya yaitu dengan merendam bibit pada larutan fungisida selama kurang lebih 15 menit, agar bibit jahe merah bebes dari jamur maupun gangguan penyakit tanaman lainnya. Setelah semuanya dilakukan, cara budidaya jahe merah selanjutnya yaitu menyemai bibit jahe merah dengan cara jauhkan dari sinar matahari, dan yang paling bagus penyemaian dilakukan ditempat yang lembab dengan cara bibit jahe merah diberi alas jerami kemudian di tutup dengan jerami. langkah selanjutnya anda dapat memantau dan mengkontrol hasil semaian, jika dirasa kurang lembab, anda bisa menambahkan air agar kelembaban tetap terjaga. Jika berhasil, tunas jahe merah akan muncul kurang lebih 2 minggu. Nah itu pertanda bahwa jahe merah siap untuk ditanam.

3. Tips Menanam Jahe Merah
Setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya yaitu teknik menanam jahe merah, siapkan media tanam yang sudah disiapkan, ambil bibit jahe merah yang sudah mengeluarkan tunasnya, tancapkan pada media tanam dengan posisi tunas berada di atas, kemudian timbun dengan tanah kira-kira 3 cm pada rimpang jahe merah tersebut, anda dapat juga menimbun dengan jerami dengan ketebalan yang sama. Hindari dari matahari langsung dan letakan dalam tempat yang lembab, karena jika terkena matahari tunas akan menguning. Kemudian sirami jahe merah agar tetap lembab dan tetap jauhkan dari sinar matahari langsung sampai tunas berubah menjadi daun.

4. Tips Pemeliharaan Jahe Merah
Setelah semuanya selesai, tiba saatnya melakukan pemeliharaan tanaman jahe merah yang masih baru, caranya dengan melakukan penyiraman pada sore hari agar kelembaban tetap stabil dan bibit jahe merah yang masih baru tidak menguning. penyiraman dilakukan setiap hari pada sore hari sampai tanaman jahe merah berumur 3 bulan. Selain penyiraman, lakukan juga penyiangan di sekitar tanaman jahe merah anda, ini dilakukan agar unsur hara pada tanah tidak berkurang karena ada gulma di sekeliling tanaman jahe merah. Jika usia tanaman jahe merah menginjak 2 bulan, lakukan pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk organik, hal ini bertujuan untuk menjaga unsur hara tanah agar kualitas rimpang jahe merah tetap terjaga. Lakukan setidaknya 3 kali berturut-turut sebelum masa panen tiba.

5. Tips Cara Panen Jahe Merah
Jahe merah dapat di panen ketika sudah menginjak usia 1 tahun. Hal ini bertujuan agar rimpang jahe merah sudah benar-benar tua dan besar. Cara memanen jahe merah dengan media polybag sangat gampang, anda hanya tinggal menyobek polybag dan ambil rimpang jahe merah kemudian bilas dengan air dan tiriskan agar kering. Jahe siap untuk dijual atau juga dapat dikonsumsi sendiri.

Demikian tips cara budidaya jahe merah mudah dan murah dengan media polybag. Umumnya budidaya jahe merah dengan media polybag akan menghasilkan sekitar kurang lebih 5 kg dalam 1 polybag. Jika anda menanam 10 kantong polibag, tentu nya hasil panennya akan lebih banyak. Selamat mencoba!
baca Juga: Khasiat dan Manfaat Jahe Merah Meningkatkan Vitalitas