Manfaat dan Kandungan Daun Sukun Untuk Obat Tradisional

Rudy Siswanto

Manfaat dan Kandungan Daun Sukun Untuk Obat Tradisional - Suku dengan nama latin Artocarpus altilis merupakan buah yang sangat mirip dengan buah nangka, bedanya hanya pada tekstur permukaan kulit buah dan daunnya. Jika dibagian permukaan buah sukun durinya tidak runcing alias tumpul, akan tetapi jika pada permukaan kulit buah nangka terlihat sangat runcing.

Manfaat dan Kandungan Daun Suku Untuk Obat Tradisional

Buah sukun sangat enak sekali jika direbus atau digoreng, selain itu juga bisa digoreng kering menjadi keripik. Selain digunakan untuk dibuat makanan, daun sukun juga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit berat seperti ginjal, kolesterol, diabates, asam urat.

Kandungan daun sukun yaitu antara lain Senyawa ortoindonesionin dan quercetin yang merupakan kelompok senyawa turunan flovonoid yang berfungsi sebagai zat antioksidan dan banyak digunakan sebagai komponen aktif dalam obat-obatan. Selain itu juga ada polifenol, asam hidrosionat, tannin, quercetin dan artoindosionin. Berikut ini manfaat daun sukun sebagai obat tradisional:

1. Obat Tradisional Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan daun sukun salah satunya adalah mempunyai efek seperti insulin yang dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini sudah dilakukan riset oleh Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid pada daun sukun yang berhasil diisolasi, yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes yang sangat kuat.

2. Obat Tradisional Menurunkan Kadar Kolesterol
Selain obat tradisional menurunkan kadar gula dalam darah, daun sukun juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Caranya, siapkan daun sukun kering secukupnya campurkan dengan bangle kering sedu dengan menggunakan air panas, minum setiap hari.

3. Obat Tradisional Mengobati Sakit Jantung.
ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) mengandung senyawa flavonoid dan sitosterol yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini dikemukakan oleh para ahli yang tergabung dalam Pusat Penelitian Kimia LIPI bahwa daun sukun dapat menjaga jantung agar tetap sehat, menurunkan kadar kolesterol dan juga menurunkan gula darah.

4. Obat Tradisioanl Mengobati Asam Urat
Selain mengobati sakit jantung, daun sukun juga dapat digunakan untuk mengobati sakit asam urat. Caranya dengan menyeduh daun sukun yang telah dikeringkan dengan menggunakan air panas, kemudian tambahkan gula batu atau aren agar tidak pahit. Selain daunnya, buahnya juga bermanfaat untuk sebagi menu diet anda. Karena buah sukun mengandung rendah kalori selain itu juga berbagai macam vitamin juga sangat lengkap.

5. Obat Tradisional Mengobati Ginjal.
Manfaat daun sukun selain mengobati asam urat, kolesterol dan menurunkan gula darah, juga dapat mengobati sakit ginjal. Kandungan daun sukun yaitu saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol. Kalium membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat hancur. Endapan batu ginjal akhirnya larut keluar bersama urine. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, penggunaan daun sukun untuk mengobati penyakit ginjal menunjukkan indikator perbaikan kondisi. Perbaikan kondisi tersebut berupa hilangnya pembengkakan dan berkurangnya kandungan protein dalam urine. Bahkan, kandungan protein dalam urine pada beberapa orang testimoni pengguna teh daun sukun menunjukkan nilai yang negatif.
Demikian ulasan menganai manfaat dan kandungan daun sukun sebagai obat tradisional mengobati berbagai macam penyakit seperti  kolesterol, menurunkan gula darah, sakit ginal dan asam urat. Semoga bermanfaat!