Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Mujarab!

Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Mujarab! - Ibu rumah tangga pasti tahu akan kegunaan daun salam yaitu sebagi tambahan bumbu penyedap masakan. Biasanya daun salam yang masih basah atau yang sudah kering untuk dijadikan campuran bumbu masakan. Tidak hanya sebagai campuran untuk memasak, daun salam juga bermanfaat sebagai obat herbal dan kecantikan. Kandungan salam mengandung vitamin, tembaga, kalium, kalsium, magnesium, seng, besi, selenium dan mangan serta fitokimia selain itu juga minyak atsiri. Daun salam yang digunakan untuk obat dan kecantikan adalah berjenis Laurus nobilis. Berikut ini manfaat daun salam sebagai obat herbal dan kecantikan:

Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Mujarab!

Manfaat Daun Salam Untuk Kecantikan 
  • Menyembuhkan Kulit Keriput : Sebagai obat kecantikan khususnya kecantikan kulit, daun salam bermanfaat untuk membantu mengatasi kulit keriput. Caranya adalah dengan merebus daun salam kering dengan 2 gelas air, biarkan sampai mendidih, setelah itu masukan kedalam mangkuk, cara menggunakannya tutuplah kepala anda dengan menggunakan handuk dan hirup secara perlahan uapnya.
  • Menghilangkan Kutu Rambut dan Ketombe : Selain untuk mengatasi kulit keriput akibat stres, manfaat daun salam juga dapat untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya yaitu dengan merebus daun salam 50 gram campur dengan air 400 ml rebus sampai air rebusannya menjadi 100ml. setelah dingin oleskan pada rambut sampai rata. Setelah 3 jam lamanya, bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur agar hasilnya bisa maksimal.
Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan
  •  Manfaat Daun Salam Mengobati Asam Urat : Manfaat daun salam untuk kesehatan yaitu salah satunya untuk mengobati penyakit asam urat. Kandungan purin yang berlebihan dapat menyebabkan sakit asam urat. Cara mengobati asam urat dengan daun salam yaitu rebus 10 lembar daun salam dengan menggunakan air 10 gelas, setelah air rebusan menjadi 5 gelas, lalu dinginkan kemudian minum air tersebut dua gelas setpai hari. lakukan secara rutin sampai sakit asam urat anda sembuh.
  • Manfaat Daun Salam Mengobati Sakit batu Ginjal : Batu ginjal dan infeksi ginjal dapat disembuhkan dengan daun salam Caranya yaitu dengan merebus 5 gram daun salam dan 200 ml, biarkan air rebusan menjadi 50 ml stelah itu saring dan minum setidaknya 2 kali sehari.
  • Manfaat Daun Salam Mengobati Batuk : batuk dan gangguan pernapasan lainnya dapat diobati dengan daun salam, caranya ambil 3 lembar daun salam dan masukan 2 gelas berisi air, biarkan menguap setidaknya 10 menit. setelah itu angkat dan biarkan hangat. Ambil kain dan masukan pada rebusan air tersebut dan tempelkan pada dada agar batuk dan pilek anda sembuh.
  • Manfaat Daun Salam Untuk Perlindungan Penyakit Kanker: dalam sebuah penelitian, kandungan daun salam yaitu asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit kanker. Kandungan phytonutrient yang sudah terbukti menahan proliferasi sel kanker serviks.
  • Manfaat Daun Salam Mengobati Rasa Sakit : Rasa sakit seperti keseleo, strain, arthritis, rematik serta nyeri dapat diobati dengan Minyak yang diekstrak dari daun salam. Minyak daun salam juga dapat mengobati sakit kepala dan migrain. 
  • Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Jantung : Senyawa pada daun salam seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien dapat menyehatkan jantung dan menegah stroke. Caranya yaitu dengan merebus daun salam sebanyak 10 lembar dengan 3 gelas air, setelah mendidih kemudian angkat dan minum setiap hari satu gelas selagi hangat. 
  • Manfaat Daun Salam Mengobati Diabetes : Kandungan antioksidan pada daun salam dapat memproses insulin sehingga baik untuk penderita diabetes tipe 2. Daun salam bubuk jika dikonsumsi 30 hari berturut-turut sangat efektif untuk mengobati diabetes tipe 2 menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida.
Demikian beberapa manfaat daun salam sebagai obat dan kecantikan. Banyak tanaman disekeliling tempat kita yang kelihatannya biasa saja akan tetapi sebetulnya kaya akan manfaat. Selamat mencoba!