Khasiat dan Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Seledri memiliki nama latin Apium graveolens L merupakan tanaman yang berfungsi sebagai campuran atau racikan dalam membuat masakan seperti mie goreng, sup maupun bakso. Dibalik itu daun seledri juga berfungsi sebagai kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit. Sebelumnya mari kita lihat kandungan per 100gram daun seledri yang perlu kita ketahui bersama:

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan
  • Kalori sebanyak 20 kal
  • Protein 1 gram
  • Lemak 0,1 gram
  • Hidrat Arang 4,6 gram
  • Kalsium 50 mili gram
  • Fosfor 40 mili gram
  • Besi 1 mili gram
  • Vitamin A 130 SI,
  • Vitamin B1 0,03 mg dan
  • Vitamin C 11 mg.
  • Vitamin C 11 mg Dan 63% bagian dapat dimakan.
  • Daun seledri juga banyak mengandung apiin, di samping substansi diuretik yang bermanfaat untuk menambah jumlah air kencing.
Setelah kita ketahui bersama ternyata kandungan daun seledri banyak sekali. Nah berikut ini merupakan manfaat dan khasiat daun seledri bagi kesehatan tubuh.

...Sebelum anda melanjutkan untuk membaca, berikut ini artikel menarik lainnya:
- Khasiat dan Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji
- Segudang Manfaat dan khasiat Buah manggis
- Tips Cara Cepat Mengobati Sariawan
- Tips Mudah Menghilangkan Bau Kaki Secara Cepat dan Alami
- Khasiat dan Manfaat Daun pepaya Untuk Kesehatan 
- Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Yang Membandel
- Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kecantikan
- Khasiat dan Manfaat Jahe Merah Meningkatkan Vitalitas
- Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Resep Alami
- Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami 
Silahkan lanjut baca artikel dibawah ini..

1. Daun Seledri Bermanfaat Sebagai Antioksidan

Daun Seledri mengandung antioksidan yaitu jenis luteolin dan flavonoid yang membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Luteloin juga berguna meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Daun Seledri Bermanfaat Sebagai Anti Radang

Jika anda mengalami cedera otot atau cedera badan karena terjatuh dan tidak kunjung sembuh, anda bisa mencoba mengkonsumsi daun seledri karena seledri mengandung zat anti inflamasi dan serta efektif mencegah masalah tulang seperti osteoartharitis dan nyeri sendi.

3. Daun Seledri Bermanfaat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Antioksidan yang terdapat dalam daun seledri sangat baik untuk kekebalan tubuh anda. Didalam daun seledri terdapat kandungan Vitamin A sebesar 130 SI yang dapat berfungsi meningkatkan penglihatan, Vitamin C sebesar 11mg yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat melawan penyakit seperti flue dsb.

4. Daun Seledri Bermanfaat Untuk Memperkuat tulang

Jika anda menginginkan tulang anda padat dan sehat dan juga gigi anda yang kuat, anda bisa mengkonsumsi Daun Seledri karena Vitamin K yang terdapat pada daun seledri berperan penting dalam kesehatan tulang dan gigi anda.

5. Daun Seledri Melindungi jantung

Tubuh kita menghasilkan asam amino yang disebut homosistein yang dapat mengganggu fungsi normal pembuluh darah dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Daun Seledri mengandung Vitamin B9 atau folat, yang dapat mengubah asam amino menjadi molekul sederhana sehingga melindungi Anda dari serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

6. Membantu mencegah kanker

Senyawa organik miristisin dalam daun seledri terbukti mampu mencegah perkembangbiakan sel kanker dalam tubuh. Miristisin juga mengaktifkan enzim dan membantu menetralkan senyawa berbahaya tertentu penyebab kanker prostat dan usus.

7. Daun Seledri Untuk Menyuburkan Rambut

Siapkan 7 sampai 10 helai seledri. Cuci sampai bersih sempurna. Kemudian tumbuk halus dan gosokkan ke rambut yang telah dibersihkan. Pijat lembut kulit kepala Anda selama 15 menit. Setelah itu bungkus rambut yang telah digosokkan seledri dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, kembali bilas rambut dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan langkah ini seminggu sekali.

8. Daun Seledri Mengatasi Rambut Rontok

Ambil seledri sebanyak dua genggam. Bersihkan dan potong kecil-kecil. Selanjutnya haluskan dengan cara diblender. Setelah halus sempurna, simpan seledri yang telah halus dan kemudian campurkan dengan 1 butir telur yang telah dikocok. Aplikasikan campuran telur dan seledri tersebut di kepala Anda dan pijat lembut selama 15 menit. Setelah itu diamkan kurang lebih 1 jam dan bilas bersih.

9. Daun Seledri Untuk Meluruskan Rambut

Tumbuklah beberapa batang daun seledri yang masih segar hingga halus, tambahkan sedikit air. Peras untuk mendapatkan sari daun seledri, setelah itu simpan didalam botol dan diamkan selama 1 malam, gunakan untuk kreambath pada esok harinya. Setelah selesai, keramaslah menggunakan shampo.

Demikianlah manfaat dari daun seledri yang perlu anda ketahui. Untuk tips lain anda bisa membaca tentang Cara Cepat Memanjangkan Rambut Anda dengan Metode Alami selain mengunakan daun seledri.