Tips Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Tips Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah - Kolesterol merupakan sebuah metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol yang dapat ditemukan dalam membran sel. Kolesterol yang tinggi dalam darah berakibat terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah dan bisa terjadi darah tinggi dan stroke. Kolesterol juga bisa menyebabkan penyakit jantung, karena karena pembuluh darah tersumbat oleh lemak jahat (kolesterol) dan jantung akan bekerja secara maksimal. Sebetulnya, kolesterol sendiri diperlukan oleh tubuh kita untuk membangun dinding sel, dan juga berperan dalam pembuatan hormon. Akan tetapi, yang jadi permasalahannya adalah kadar kolesterol yang melebihi batas normal dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit yang sudah saya sebutkan diatas.

Tips Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Kolesterol berawal dari kita yang sering makan makanan yang tidak sehat, sebagai contoh makanan yang mengandung lemak jenuh yang sering kita jumpai pada makanan cepat saji atau juga makanan yang mengandung kadar minyak tinggi. Untuk menjaga agar kolesterol stabil dalam darah, yang perlu diperhatikan adalah faktor makanan yang kita makan. Makanan sehat dan buah-buahan sangat bagus untuk tubuh kita. Apakah kolesterol yang tinggi bisa kita turunkan? ya beberapa tips berikut ini adalah cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah:
  • Mengkonsumsi Makanan Sehat. Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi    
    seperti gorengan, daging jeroan, cumi-cumi, telur puyuh, kerang, mentega, kepiting, dan lain sebagainya. Anda juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi fast food atau junk food. Karena Kolesterol tinggi berawal dari makanan yang kita makan.
  • Olahraga Yang Teratur. Olahraga sangat membantu sekali menurunkan kolesterol, dengan olahraga yang teratur minimal 3 kali dalam seminggu membantu membakar lemak jahat dalam tubuh.
  • Mengkonsumsi Buah Jeruk. Buah jeruk memiliki kadar Vitamin C yang sangat tinggi. Antioksidan alami yang terdapat pada buah jeruk mampu mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, dengan minum sebanyak 3 gelas jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan kadar HDL hingga 21 mg dalam waktu kurang lebih 1 bulan.
  • Mengkonsumsi Sayuran. Sayuran mengandung Antioksidan seperti betakaroten, Vitamin A, Vitamin C dan juga E. Mengkonsumsi sayuran juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Mengkonsumsi Buah Delima dan Alpukat. Buah delima dan alpukat merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Delima juga mengandung Vitamin C yang tinggi sama seperti pada buah jeruk sedangkan buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh kita.
Demikian tips menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Faktor terpenting guna untuk menstabilkan kolesterol adalah mengatur dan menjaga pola makan. Junk food sangat tidak disarankan bagi anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Sebaiknya perbanyak makan sayuran dan buah-buahan dengan di imbangi olahraga yang teratur.