Kandungan dan Manfaat Bunga Kenop Untuk Ramuan Tradisional

Rudy Siswanto

Kandungan dan Manfaat Bunga Kenop Untuk Ramuan Tradisional. Tumbuhan ini bisa terdapat di seluruh Indonesia, terutama di daerah beriklum basah sampai sedang. Biasa tumbuh di halaman rumah atau ladang-ladang ditempat terbuka dengan penyinaran matahari cukup.  Bisa tumbuh dalam ketinggian 1-1400 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini berupa perdu yang batangnya hijau kemerahan, berkayu lunak, berambut, bercabang-cabang yang tingginya bisa mencapai 60 cm. Daunnya bertangkai dan letaknya berhadapan, bentuk bundar telur sungsang sampai memanjang  dengan panjang 5-10 cm dan lebar 2-5 cm, ujung meruncing warna hijau dibagian atas dan halus dibagian bawah, tapi warna rambut putih, bijinya banyak ukuran kecil-kecil panjang.

...Sebelum anda melanjutkan untuk membaca, berikut ini artikel menarik lainnya:

Silahkan lanjut baca artikel dibawah ini..  

Kandungan dan Manfaat Bunga Kenop Untuk Ramuan Tradisional

Bunga kenop bernama latin Gomphrena Globosa L termasuk kedalam famili tumbuhan Amaranthaceae. Tumbuhan yang banyak ditanam sebagai tanaman hias ini dikenal dengan nama daerah  seperti  kambang puter, adas-adasan, dan kembang gundul. Tumbuhan kenop memiliki kandungan kimia yang khas yaitu gomphresin I, II, III, V, VI.

Dalam farmakologi Cina disebutkan bahwa tumbuhan bunga kenop memiliki rasa manis dan netral. Tumbuhan kenop memiliki sifat farmakologi seperti antibatuk, antiastmatik, antiradang mata. Efek farmakologi yang didapat pada tanaman kenop ini karena penggunaan seluruh tanaman khususnya bunga, baik dalam keadaan segar atau dikeringkan.

Manfaat Bunga Kenop dan Cara Membuat Ramuan Tradisional

1.  Mengobati Bronkitis / asma
Rebus 10 kuntum bunga kenop bersama tiga gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan sari perasan tape ketan sebanyak satu sloki. Minum ramuan tradisional ini sehari tiga kali, masing-masing 1/3 gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh

2. Mengobati Bronkitis Kronis
Suntikan ramuan obat suntik bunga kenop, pada beberapa akupunktur. Sekitar 10 persen penderita yang mendapatkan suntikan ini akan mengelur rasa kering sementara di tenggorokan.

3. Mengobati Kencing Tidak Lancar
Rebus 3-10 gram bunga kenop dalam tiga gelas air bersih samapai tersisa satu gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

4. Mengobati Panas Pada Anak Karena Gangguan Hati
Cuci 7-14 kuntum bunga kenop segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum sehari tiga kali, masing-masing 1 1/2 gelas.

5. Mengobati Disentri
Rebus 10 kuntum bunga kenop segar dalam 100 cc sari perasan rasa tape ketan sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari

6. Menambah Selera Makan
Cuci 20 gram tanaman bunga kenop segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum. Sehari dua kalu, masing-masing 1 gelas.

Demikian manfaat bunga kenop untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti disentri, kencing tidak lancar, bronkitis dan dapat juga menambah nafsu makan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba!