Kandungan dan Manfaat Tanaman Bidara Upas Sebagai Obat Tradisional

Rudy Siswanto

Kandungan dan Manfaat Tanaman Bidara Upas Sebagai Obat Tradisional. Bidara upas nama latinnya adalah Merremia Mammosa (Lour) Hall atau Batatta Mammosa Rump. Bidara upas termasuk kedalam famili tumbuhan Convolvulaceae. Nama-nama daerahnya adalah blanar, atau widara upas. Tanaman Widara upas ini kaya akan bahan kimianya, antara lain dammar, resin, pati, serta zat pahit. Pada getah segarnya mengandung zat oxydase.

...Sebelum anda melanjutkan untuk membaca, berikut ini artikel menarik lainnya:

Silahkan lanjut baca artikel dibawah ini..
 
Efek Farmakologis pada Tanaman Bidara Upas
Widara upas memiliki efek farmakologis yang bersifat antiradang, menghilangkan rasa sakit (analgetik), pencahar, menghilangkan bengkak, menetralkan racun dan penyejuk. Bagian dari tanaman obat ini yang digunakan adalah umbinya.
Kandungan dan Manfaat Tanaman Bidara Upas Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Bidara Upas serta Cara Membuat Ramuan Tradisionalnya

1. Mengobati Radang Usus Buntu
Ambil umbi bidara upas seukuran 1/4 jari, dicuci lalu diparut dan diremas dengan 1 sendok makan air gula. Kemudian diperas dan disaring lalu diminum sehari 2 kali (saran untuk penggunaan kapsul adalah 3 kali 1 kapsul perhari disertai minum banyak air)

2. Mengobati Muntah Darah dan Tipus
Umbi bidara upas yang segar dibersihkan lalu diparut dan diperas sampai mendapatkan sari sebanyak 1 gelas kecil kemudian diminum. Saran untuk penggunaan kapsul 3 kali 1 kapsul per hari disertai minum banyak air.

3. Mengobati Difteri
Umbi bidara upas yang segar dibersihkan sampai mendapatkan sari sebanyak 1 gelas kecil kemudian dipakai kumur-kumur 2-3 menit kemudian ditelan

4. Mengobati Kencing Manis
Umbi bidara upas yang segar sebanyak 100 gram dicuci bersih diparut dan diperas untuk mendapatkan air sarinya. Lalu diminum air sarinya setiap pagi Saran untuk penggunaan kapsul 3 kali 3 kapsul per hari disertai minum banyak air.

5. Mengobati Kanker, Kusta
Umbi bidara upas yang segar seukuran 3/4 jari dicuci diparut dan ditambahkan 4 sendok makan air matang kemudian diperas airnya, kemudian tambahkan 2 sendok makan madu. Air sarinya itu dibagi tiga untuk diminum 3 kali sehari.Ampasnya tempelkan pada bagian yang sakit

6. Mengobati Batuk Rejan
Umbi bidara upas yang segar seukuran 1/2 jari dicuci lalu diparut dan diremas dengan 2 sendok makan air dan 1 sendok makan madu, peras, saring dan kemudian diminum lakukan 2 kali sehari

7. Mengobati Batu Kandung Kencing atau Kencing Batu
Umbi bidara upas sebanyak 10 gram, daun kumis kucing 10 gram,  daun keji beling 15 gram. Semua bahan dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 1 liter air sampai tersisa 150 cc. Setelah dingin disaring lalu diminum 3 kali sehari sebanyak 50 cc.

8. Mengobati Sifilis (Lues)
Umbi bidara upas seukuran 1 jari diparut tambahkan 2 sendok makan air matang dan 1 sendok makan madu. Kemudian diperas, disaring dan diminum. Lakukan 3 kali sehari.

9. Mengobati Luka dikulit
Umbi bidara upas yang segar dicuci bersih lalu di iris tipis-tipis dan letakan pada luka.

10. Mengobati Buang Air Besar Darah dan lendir
Ambil umbi bidara upas sebanyak 50 gram. tambahkan gula jawa rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian saring lalu diminum sedikit-sedikit.

Demikianlah kandungan dan manfaat Umbi bidara upas yang berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit seperti sifilis, batuk rejan, luka dikulit, kencing batu, radang usus buntu, kencing manis, dan lain sebaginya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba!