Manfaat dan Kegunaan Daun Andong Untuk Obat Tradisional

Rudy Siswanto

Manfaat dan Kegunaan Daun Andong Untuk Obat Tradisional. Andong bernama latin Cordyline Fruticosa (L) Kunth, termasuk ke dalam famili tumbuhan Liliaceae. Tanaman obat ini memiliki nama-nama daerah seperti andong, hanjuang, atau bakjuang. Kandungan kimia dalam daun andong belum banyak diketahui, sehingga kegunaan tanaman ini diketahui berdasarkan pengalaman pemakainya yang telah turun-temurun, dan berdasarkan pemakaian secara empiris.

Sebelum anda melanjutkan untuk membaca, berikut ini artikel-artikel menarik lainnya:

Silahkan lanjut baca artikel dibawah ini..

http://trenvariasi.blogspot.com/2015/07/manfaat-daun-salam-sebagai-obat-mujarab.html

Efek Farmakologis Daun Andong
Tumbuhan ini menyejukan darah, menghentikan pendarahan, menghilangkan bengkak karena memar (antiswelling). Dalam farmakologi Cina dinyatakan tumbuhan andong memiliki rasa manis, hambar dan sejuk. Efek farmakologis ini didapatkan oleh penggunaan bagian-bagian tanaman, yaitu bunga, daun dan akar.

Penggunaan Daun Andong Sebagai Ramuan Tradisional

1. Mengobati TBC disertai Batuk Darah
Bagian tanaman andong untuk mengobati TBC dan batuk darah adalah daun kering 15-30 gram, atau bunga kering 9-15 gram atau akar kering 6-10 gram yang direbus selanjutnya diminum.

2. Ancaman Aborsi, Menstruasi yang Banyak, Air Kemih Berdarah, dan Wasir Berdarah
Bagian tanaman andong untuk mengobati TBC dan batuk darah adalah daun kering 15-30 gram, atau bunga kering 9-15 gram atau akar kering 6-10 gram yang direbus selanjutnya diminum.

3. Nyeri Lambung dan Ulu Hati
Daun andong kering 15-30 gram, atau bunga andong kering 9-15 gram, atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum. Ramuan tradisional lainnya adalah berupa daun andong segar 60-100 gram atau 30-60 gram akar kering direbus dan diminum

4. Sengatan Ikan Swanggi
Daun digiling hingga halus, lalu dipanaskan dekat api, kemudian letakan pada bagian yang luka.

Demikian manfaat dan kegunaan daun andong untuk obat tradisional. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba!
  • Referensi: ENSIKLOPEDIA Tanaman Obat Indonesia Penulis: DR. Abednego Bangun, S.H., M.H.A. hal. 36-37