Manfaat Buah Makasar Untuk Mengobati Kanker

Rudy Siswanto

Manfaat Buah Makasar Untuk Mengobati Kanker.  Tumbuhan ini termasuk tanaman liar di hutan., dibeberapa tempat terkadang ditanam  sebagai tanaman pagar. Tumbuh pada ketinggian 1-500 mter diatas permukaan laut. Tanaman buah makasar bernama latin Brucea Javaneca (L) Merr, atau B. Ammarissima Desv. Termasuk kedalam famili tumbuhan Simaroubaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah dadih-dadih. Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahu antara lain:

...Sebelum anda melanjutkan untuk membaca, berikut ini artikel menarik lainnya:

Silahkan lanjut baca artikel dibawah ini.. 
  • Alkaloid: Brucamarine, Yatanine
  • Glukoside: Brucealin, yetanoside
  • Phenol: Bruceno, bruceolic acid
  • Biji mengandung brusatoll, bruceine A, B, C, D, E, F, G dan H
  • Daging buahnya mengandung minyak lemak, asam oleik, asam linoleik, asam stearik, dan asam palmitoleik.
Dalam farmakologi Cina demikian pula dalam pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman buah makasar memiliki sifat berasa pahit, dingin beracun, membersihkan panas dan toksik, antidisentri, antimalaria, mematikan parasit. Kandungan asam oleat juga bruceine A dan B bersifat antikanker (antineoplastik) yaitu menghambat sintesa DNA sel kanker. Di samping itu, merangsang pembentukan sel darah merah pada sumsum tulang dan meningkatkan phagocyte dan makrofag. Bagian yang digunakan pada tanaman buah makasar adalah buah. Setelah buah dikumpulkan, bagian yang keras dibuang untuk diambil isinya . Selain buah, daun, dan akar juga berkhasiat sebagai obat.

Manfaat Buah Makasar Untuk Mengobati Kanker

Manfaat Buah Makasar dan Cara Membuat Ramuan Tradisional

1. Mengobati Disentri Amuba
Giling 10-15 buah makassar sampai halus, lalu masukan kedalam kapsul. Minum ramuan ini sekaligus setelah makan. Lakukan 3 kali sehari selama 7-10 hari.

2. Disentri, Air Kemih, Tinja Berdarah Karena Panas
Giling 25 buah makassar sampai halus (maksimal 50 buah) lalu masukan kedalam kapsul. Minum ramuan ini sekaligus dengan larutan gula batu.

3. Mengobati Malaria
Ambil isi buah makassar kira-kira 10 buah, lalu giling sampai halus. Masukan ke dalam kapsul, lalu di minum sekaligus. Lakukan 3 kali sehari selama 3 hari. Selanjutnya dosis dikurangi setengahnya dan minum dalam 5 hari. Atau ramuan berikut: cuci 15-20 gram akar buah makassar, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum air saringannya. Lakukan sehari 2 kali, masing-masing sebanyak 1/2 gelas.

4. Mengobati Wasir
Giling 7 buah makassar sampai halus. Masukan kedalam kapsul, minum sekaligus.

5. Mengobati Keputihan Karena Trichomonas
Masukan 20 buah makassar ke dalam periuk tanah atau panci email. Tambahkan 400 cc air bersih, lalu rebus sampai tersisa 100 cc. Setelah dingin ramuan ini dapat digunakan untuk mencuci liang senggama (vagina). Caranya semprotkan air rebusan tadi menggunakan penyemprot (sprayer). Ramuan yang dipakai untuk setiap kali pemakaian 20-40 cc. Jika keputihannya ringan, penyemprotan cukup dilakukan sekali saja. Namun jika keputihannya berat, perlu diulang selama 2-3 hari.

6. Mengobati Kanker
Yang digunakan adalah buah makassar yang segar atau kering. Dibuat menjadi serbuk, lalu dimasukan ke dalam kapsul 1,5-2 gram. Dikonsumsi 2-3 kali sehari. Saran penggunaan kapsul 3 kali 3 kapsul per hari. dibarengi minum banyak air. Sekarang ini sudah tersedia dalam bentuk obat suntik, infus, dan emulsi untuk diminum.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat buah makassar untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah kanker. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba!