Obat Tradisional Batu Ginjal dengan Temu Lawak

Rudy Siswanto

Obat Tradisional Batu Ginjal dengan Temu Lawak. Temu lawak merupakan tanaman berbatang semu dengan ketinggian mencapai 2 m dan mempunyai rimpang yang bercabang-cabang yang berwarna cokelat gelap dan beraroma khas. Daun lebar dan panjang berwarna hijau tua, serta bergaris cokelat. Bunga bergerombol dan mempunyai banyak daun pelindung dan berbulu halus. Tanaman temu lawak merupakan tanaman pekarangan yang tumbuh liar pada daerah yang mencapai ketinggian 1500m di atas permukaan laut. Perkembangbiakan dengan potongan rimpang yang tua dan bertunas. Beberapa penyakit yang dapat diobati antara lain:

Obat Tradisional Batu Ginjal dengan Temu Lawak

1. Kurang Gizi
Temu lawak satu jari di cuci lalu diparut, tambahkan air masak dan sedikit garam, lalu disaring . Minum larutan tersebut tiga kali sehari

2. Mengobati Lever
Temu lawak satu jari, ditambah setengah kilogram waluh putih, kupas dan potong-potong. Rebus potongan tersebut dengan lima gelas air dan minum larutan tersebut tiga kali sehari

3. Mengobati Batu Ginjal
Temu lawak sebesar ibu jari dan tiga lembar daun kumis kucing serta meniran direbus dengan tiga gelas air. Minum ramuan tersebut tiap pagi dan sore.

Artikel Kesehatan Lainnya
- Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan dan Kesehatan
- Manfaat Kencur (Mengobati Radang Lambung, Batuk dan Penawar Lelah)
- Kandungan dan Manfaat Bunga Kenop Untuk Ramuan Tradisional   
- Manfaat Buah Makasar Untuk Mengobati Kanker
- 7 Manfaat Brotowali Untuk Obat Tradisional Mujarab!
- Kandungan dan Manfaat Tanaman Boroco Untuk Obat Tradisional
- Kandungan dan Manfaat Tanaman Bidara Upas Sebagai Obat Tradisional
- Kandungan dan Manfaat Bangle Sebagai Obat Tradisional
- Kandungan dan Manfaat Beluntas Untuk Resep Ramuan Tradisional
- Kandungan dan Manfaat Baru Cina Untuk Ramuan Tradisional

Demikian ulasan singkat tentang khasiat temu lawak untuk mengobati batu ginjal, kurang gizi, dan mengobati lever. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.