Manfaat Kencur (Mengobati Radang Lambung, Batuk dan Penawar Lelah)

Manfaat Kencur (Mengobati Radang Lambung, Batuk dan Penawar Lelah).  Kencur adalah tanaman kecil yang tumbuh merapat dengan tanah dan tidak memiliki batang. Rimpang bercabang-cabang dan berdesak-desakan, serta bewarna cokelat. Daun berbentuk jorong, pangkal daun berbentuk jantung, serta berujung lancip. Permukaan daun bagian atas tidak berbulu, sedangkan bagiann bawah berbulu. Helaian daun bagian pinggir berwarna merah kecoklatan, sedangkan bagian tengah berwarna hijau, jika diremas memberikan aroma harum. BUnga kencur bewarna putih

Manfaat Kencur (Mengobati Radang Lambung, Batuk dan Penawar Lelah)
Tanaman ini dapat tumbuh dimana saja serta dapat digunakan sebagain tanaman hias atau tumpang sari. Tumbuh baik pada tempat yang gembur serta sedikit terlindung. Perkembangbiakan kencur dengan rimpang.

Manfaat Kencur Sebagai Obat, Serta Cara Membuat Ramuan Tradisionalnya

1. Mengobati Radang Lambung
Kencur yang berukuran dua jari dikupas dan dicuci, lalu kunyah dengan garam hingga lembut, kemudian telan. Lakukan tiga kali sehari hingga lambung terasa nyaman dan enak.

2. Mengobati Sakit Batuk
Kencur satu jari dikupas dan dicuci, lalu dikunyah dengan sedikit hingga lembut, kemudian selama lima menit atau hingga rasa gatal berkurang. Lakukan 3 kali sehari hingga batuk sembuh.

3. Sebagai Penawar Lelah
Kencur dua dihaluskan dengan satu sendok beras sangrai, satu jari lempuyang, dan satu biji cabai jawa. Setelah semua bahan dihaluskan, tambahkan air hangat secukupnya aduk hingga tercampur, saring, dan segera minum. Minum ramuan tradisional kencur ini dua kali dalam seminggu.

Artikel Kesehatan Lainnya
- Kandungan dan Manfaat Bunga Kenop Untuk Ramuan Tradisional   
- Manfaat Buah Makasar Untuk Mengobati Kanker
- 7 Manfaat Brotowali Untuk Obat Tradisional Mujarab!
- Kandungan dan Manfaat Tanaman Boroco Untuk Obat Tradisional
- Kandungan dan Manfaat Tanaman Bidara Upas Sebagai Obat Tradisional
- Kandungan dan Manfaat Bangle Sebagai Obat Tradisional
- Kandungan dan Manfaat Beluntas Untuk Resep Ramuan Tradisional
- Kandungan dan Manfaat Baru Cina Untuk Ramuan Tradisional
- Manfaat dan Kandungan Umbi Bambu Tali Untuk Mengobati Kanker Payudara
- Manfaat dan Kegunaan Daun Andong Untuk Obat Tradisional

Demikian tips singkat manfaat kencur untuk mengobati radang lambung, sakit batuk serta sebagai penawar lelah. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba!